Administrasi

UPT Perpustakaan

Administrasi merupakan layanan awal yang diterima oleh pengunjung atau pengguna perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya. Keberadaan administrasi yang berada di area paling depan memiliki tugas dan  tanggungjawab  antara lain :

  • Peminjaman Loker

Fasilitas ini diberikan kepada pengunjung atau pengguna yang membawa barang ( tas, jaket, helm, dll ) yang tidak diperbolehkan  masuk ke  perpustakaan. Upaya ini untuk menjaga ketertiban serta mengantisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terburuk yang bisa membawa kerugian terhadap semua pihak.

  • Pendaftaran Anggota

1. Sivitas UM Palangka Raya

Dosen, karyawan atau mahasiswa UM Palangka Raya ( mahasiswa Re-Nim, alih jenjang, Profesi, dll ) yang belum terdaftar menjadi anggota.

2. Umum

Pendaftaran anggota khusus ini diperuntukkan bagi mahasiswa  luar UM Palangka Raya atau masyarakat umum yang menginginkan serta membutuhkan fasilitas perpustakaan UM Palangka Raya.

  • Bebas Tanggungan

Administrasi memiliki wewenang memberikan keterangan bebas tanggungan perpustakaan terhadap mahasiswa UM Palangka Raya dengan melakukan pemblokiran, antara lain :

  1. Mahasiswa yang sudah menyelesaikan studi (yudisium/wisuda)
  2. Mahasiwa yang  pindah studi ke Universitas lainnya.
  3. Mahasiswa yang berhenti sementara ( terminal )
  4. Mahasiswa yang berhenti tetap
  • Regitrasi Mandiri

Regitrasi ini diperuntukkan bagi sivistas UM Palangka Raya mandiri yang tidak mengikuti pelatihan pengguna ( Bimtek ) untuk mengaktifkan PIN ( personal identification number ) guna peminjaman mandiri.

  • Reaktivasi Anggota

Masa aktif anggota perpustakaan lamanya 1 tahun maka pengaktifan anggota perpustakaan semua yaitu sivitas UM Palangka Raya ( Mahasiswa, karyawan dan dosen ) menjadi tugas administrasi.

  • Surat Pengantar

Surat pengantar atau surat ijin untuk berkunjung ke pepustakaan lain merupakan bagian tugas dari administrasi.

  • Aktivasi Blokir Anggota

Pengaktifan kembali bagi anggota perpustakaan UM Palangka Raya yang telah diblokir karena sesuatu hal.