Sambutan Kepala Unit

UPT Perpustakaan

Bismillahirohmanirrohim,

Assalamu’alaikum, Wr, Wb

Segala puji bagi Allah yang menganugrahkan semangat untuk selalu membaca dalam memahami ayat-ayat Allah dan kesempurnaan ciptaan-Nya.

Salah satu cara mengukur kualitas atmosfer pendidikan dan berkilaunya sebuah perguruan tinggi adalah dengan melihat eksistensi perpustakaan. Perpustakaan dalam tradisi masa lalu menjadi simbol kejayaan dan kemuliaan sebuah peradaban. Semakin sentral peran dan fungsinya, maka semakin berkualitaslah nilai perguruan tinggi tersebut. Satu hal lagi, perpustakaan bukan sekedar tempat dikumpulkannya buku-buku sebagai referensi, bahan bacaan dan sumber pengetahuan belaka, tetapi juga menjadi wadah pertukaran semangat peradaban, ide, ilmu dan inovasi kekinian tentang suatu perubahan.

Betapa pentingnya perpustakaan, maka sejatinya setiap civitas akademik harus mengambil peran dalam eksistensinya. Perpustakaan merupakan penghubung budaya masa lalu, budaya masa sekarang, dan prediksi masa depan. Didalamnya terjadi transformasi intelektual antara setiap individu tang datang membawa diskursus pemikiran dan gairah intelektual. Perpustakan kemudian menjadi ajang pengasahan dan pendalaman atas segala bentuk perwujudan ilmu pengetahuan dan peradaban.

Universitas Muhamadiyah Palangka Raya (UMPR) dalam posisi transformasi ilmu, informasi dan peradaban, menjadi bagian penting untuk membangun peradaban Kalimantan Tengah khususnya dan Indonesia pada umumnya dalam segala upaya dan cara. Membangun literasi dan semangat peradaban adalah misi utama seluruh perpustakaan dimana pun berada. Bahkan UMPR sudah mengambil peran itu dengan mengokoh diri sebagai pusat kajian dan literatur di Kalimantan Tengah.

Oleh karena itu, kemajuan dan perubahan saat ini tidak dapat dihindari oleh siapapun sehingga perpustakaan bergerak mengikuti kebutuhan para pemustaka saat ini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mewujudkan website yang komunikatif. Sistem layanan peminjaman dan pengembalian buku secara online, pelacakan sumber buku dan referensi serta layanan rekam jejak karya dosen dan mahasiswa pada repository. Keseluruhan didedikasikan untuk mewujudkan perpustakaan yang mencerahkan dan mencerdaskan.

Semoga eksistensi Perpustakaan UMPR terus memberikan kontribusi yang nyata untuk kemajuan Indonesia.

Wassalamu’alaikum, Wr, Wb

Kepala Perpustakaan

 

Dr. Asep Solikin, MA